Skip to content

Batam,pulau dengan Gereja terpadat di dunia

August 13, 2012

Isu ini sebenarnya telah jadi perbincangan umum di Batam. Kaum kristen di pulau Batam sangat gencar dalam membangun rumah ibadah. Berhasil membangun gereja-gereja pada tempat yang bagus dengan dukungan dana dari luar negeri seperti Singapura.

Batam, Kepualuan Riau  adalah daerah melayu, namun di dominasi oleh pendatang dari luar. Berbagai kepentingan menyerbu pulau kecil ini termasuk kepentingan agama.

Dukungan dana dari luar (mis Singapura) menyebabkan gerakan kristenisasi sangat ampuh disana. Seluruh pejabat (yang mayoritas muslim ) seolah tidak berdaya..

Usut punya usut, Gencarnya pembangunan gereja di Batam berawal dari bocornya masterplan pembangunan kota batam ketangan pejabat Kristen. Dengan pedoman master plan tersebut mereka langgsung membuat titik-titik lokasi strategis untuk gereja. Pada saat itu keadaan Batam yang masih hutan dan belum maju, namun perencanaan mereka sudah jauh melesat kedepan.

Hutan2 yang masih sepi langsung dibangun gereja didalamnya. Orang tidak akan peduli dan bahkan tidak mengetahuinya. Namun ketika nanti daerah tersebut menjadi pusat keramain dan perbelanjaan, jadilah gereja mereka bertengger di sampingnya.

Ruko2 yang ada di Batam juga banyak yang dijadikan gereja. bahkan pembangunan gereja elah masuk ke pulau2 terpencil yang mayoritas penduduk aslinya adalah melayu. Namun kurangnya kepedulian pejabat / Umat akan hal ini menyebabkan mereka bebas bergerak.

Bila ada berada di kawasan Batu aji batam, Anda akan menemukan plang2 gereja saling berdekatan di pinggir jalan.Di wilayah Bida ayu Seibeduk ada sekitar 4 gereja berderet  sedang hanya ada satu masjid disitu.

Oleh karena itu istilah Gereja Terpadat di dunia kini mulai di kenal di Batam. Anda tidak akan pernah menjumpai gereja sebanyak dan sepadat Pulau batam yang kecil di daerah manapun.

Di sebelah gereja ada gereja, di seberang gereja ada gereja. Cobalah menghitung jumlah gereja yang berdekatan itu.  Bisa jadi Batam akan menjadi pusat Nasrani, di tahun 2020 nanti.

Banyak kah kaum kristen di Batam ? Sebetulnya jumlah mereka sedikit, bahkan kalau hari minggu yang beribadah pada suatu gereja kebanyakan dari daerah2 lain yang bukan di sekitar gereja. Disamping gerakan kristenisasi dengan dukungan dana yang kencang, gereja juga sepertinya menjadi lahan bisnis, karena setiap pemimpinnya akan mendapatkan uang yang berlimpah.

Sebagian besar Pejabat / masyarakat kota batam adalah Muslim.

Mayoritas penduduk asli melayu 99 persen beragama Islam.

Batam adalah Tanah Melayu dengan Seribu Gereja

Semoga hal ini tidak terjadi di kota anda.

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: